RUNNING TEXT
: - Jumat, 20-09-2024
  • Institut Agama Islam Bogor (IAIB) Didirikan atas dasar Keputusan Menteri Agama RI Nomor: 1010 Tahun 2022
Peduli Lingkungan, IAIB dan Muspika Kecamatan Nanggung Bersih-Bersih Sungai Cikaniki

BOGOR l — Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Hal itu yang dipahami para mahasiswa Institut Agama Islam Bogor (IAIB), yang berada di daerah Nanggung Kab. Bogor, saat bersih-bersih pinggiran sungai Cikaniki, yang berada di sisi kampus IAIB.

Giat bersih-bersih sampah itu bersama Muspika Kecamatan Nanggung dan Institut Agama Islam Bogor (IAIB). Para mahasiswa dan mahasiswi terlihat kompak saat bergotong royong melakukan aksi bersih-bersih di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikaniki.

Menurut Dr. H. Awaludin, Wakil Rektor 1 IAIB menjelaskan, bahwa aksi bersih-bersih yang dilakukan mahasiswa dan mahasuswi IAIB beserta Muspika Kecamatan Nanggung di aliran sungai Cikaniki merupakan tugas kita bersama.

“Saya ucapkan terimakasih kepada jajaran Muspika Kecamatan Nanggung khususnya PT. Aneka Tambang yang menggelar kegiatan Cikaniki Bersih,” ujar Awaludin, Sabtu, (10/6/2023).

Lebih jauh Awaludin menambahkan, bahwa para mahasiswa dan mahasiswi pun bersemangat turun langsung ke lapangan menyambut antusias kegiatan ini.

“Menjaga sungai Cikaniki itu adalah tugas kita semua, membersihkannya juga tugas kita semua,” kata Awaludin lagi.

Awaluddin yang akrab disapa Awal ini mengecam keras masyarakat yang membuang sampah sembarang apalagi ke sungai Cikaniki. Menurutnya, air adalah sumber kehidupan.

“Jadi harus kita jaga kebersihannya dan kelestariannya,” terang Awal.

Ditempat yang sama, Ketua Himpunan Mahasiswa Hukum Keluarga Islam IAIB, Misbahuddin menambahkan, kegiatan yang saat ini dilaksanakan sangat penting untuk keberlangsungan masyarakat di aliran sungai Cikaniki.

“Penting sekali kita untuk menjaga aliran sungai Cikaniki tetap bersih karena perlu kita sadari aliran sungai tersebut masih digunakan oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari terutama di musim kemarau,” tambahnya.

Ia menilai, kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan edukasi tersendiri untuk masyarakat Kecamatan Nanggung terutama Mahasiswa yang didominasi oleh kalangan pemuda untuk menjaga aliran sungai Cikaniki tetap bersih dari sampah.

“Harapan kami program bersih – bersih Cikaniki ini terus berlanjut dan dapat meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya menjaga lingkungan untuk kedepannya,”sebut Misbahuddin.*** (dayat)

TINGGALKAN KOMENTAR